Monday, March 9, 2009

BERLIAN

Hai hai,....
suka beli berlian gak teman-teman blogers????
Diantara kalian yang sudah biasa membelinya, pasti ada yang belum biasa mengkoleksinya.
ayo ayo dibaca, diblog kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membelinya.
Ini semua berdasarkan pengalaman saya yach.

pertama kita bahas adalah beli dimana?? well berlian yang cantik-cantik ini bisa kita temukan disemua toko emas yang ada dipasar ataupun yang berada di mall. Langganan saya sekeluarga itu ditoko mas MELAWAI, MAYESTIK dan di CIKINI. dan yang dimall klo bukan BENTENG yach FRANK & CO.

Bagaimanakah perbedaan harganya yach??? waaaahhhh boleh percaya boleh tidak neh, klo mau beli berlian apalagi kadang suka bosen dan pengen menggantinya, saya sarankan untuk membeli yang dipasar. selain harganya masih make sense, kualitasnya juga ok aja kok. saya beri suatu contoh yach::

Dipasar Cikini suatu cincin berharga 7,5 juta. cantik sekali dan bertaburan berlian dimana-mana. untuk seharga segitu, ditoko-toko emas disemua pasar, biasanya sudah dapet yang paling 'wah', suatu kali saya ditawarkan berlian oleh seorang sahabat keluarga. kita mampir ditoko emas didalam mall. dan pilihan saya jatuh pada sebuah cincin berlian yang cantik, biasa saja dan simple tapi berharga 15 juta saja. Hmmm,.... rugi?? waahhh klo dibeliin sih enggak, tapi klo kita beli sndr??? males bgt dech.... :-))

Kualitas??? aaahhh menurut saya yang dipasar sama saja kok. as long as waarnanya jernih dan berkelap kelip pada saat kita pakai, menurut saya itu mah sudah cukup.

Menjual kembali??? nah ini dia yg mesti kita tahu, kadang kita itu suka bosen, kok punya berlian yg modelnya itu itu saja, sedangkan bnyk keluaran terbaru, lebih baik kita tukar tambah saja. Biasanya ditoko emas yang dipasar itu menerima kembali berlian kita. memang ada potongannya sih. dan tiap potongan itu berbeda setiap toko emas. biasanya untuk new comers ditoko itu, mereka memberinya 20% dari harga berlian. tapi klo suda serang kesitu bisa sekitar 10% loh. dan kita siap menukar sama berlian yang model terbaru. diMall?? waaahhhh mana bisa cece. apapun berlian yang sudah keluar darti toko emas di mall, gak akan bisa terjual. aneh yach, sitoko emasnya sndr aja gak mau terima, apalg toko yg lain??? :-))

Berlian klo keseringan dipakaipun warnanya bisa pudar,. maksudnya tidak terlalu berkelap kelip lagi. dan kita bisa dengan mudahnya datang ke toko emas dimana kita membelinya. dan nnt mereka yang akan mencucinya. saya sarankan untuk mencucinya ditoko dimana berlian tersebut dibelei. kenapa?? krn klo kita mencucinya ditmpt yang lain, bukan mustahil klo mereka akan mengganti berlian kita dgn sirkon ato yg jelek. kita kan mana tahu?? eehhh nanti baru ketahuan klo berlian itu akan kita jual kembali ke toko emas, dan ternyata beratnya berkurang. itu menandakan klo berliannya sudah diganti.






Beli mutiara bertahtakan berlian beda lg loh. jangan kaget klo potongannya lbh besar. misal hanya berlian itu potongannya 10%, untuk mutiara bisa 15%. yaaa karena mutiara itu kan gampang cacat. maksudnya kesenggol sedikit, waahh pasti goresannya terlihat sekali :-( jadinya memakai benda2 cantik ini, berhati-hatilah.

Untuk invest?? waaahhhh berlian dan mutiara ini gak cucok untuk berinvest. memang berlian2 ini akan 'naik'harganya, dan menguntungkan kita. tapi 10tahun sejak pembelian. klo mau invest, saya sarankan emas logam atau logam mulia saja. dia akan naaaiiiiikkk terus. dan kapan saja kita mau menjualnya, sudah pasti harganya akan berlipat. sedangka berlian yang sudah dirakit, akan jatuh harganya, sekalipun kita jarang memakainya. tapi kloo keukeuh pengen invest berlian, saya sarankan membeli yang masih si segel sama company diUSA. naahhhh ini gak boleh dirakit dan harus dalam tutup segelnya terus. dan dia akan naaaiiikkk terus harganya....


selamat mencoba ^___^


By:: Prita Hapsari

No comments:

Post a Comment